Interface adalah jenis khusus dari blok yang hanya berisi method signature(atau constant). Interface mendefinisikan sebuah(signature) dari sebuah kumpulan method tanpa tubuh..Interface mendefinisikan sebuah cara standar dan umum dalam menetapkan sifat-sifat dari class-class.
Mereka menyediakan class-class, tanpa memperhatikan lokasinya dalam hirarki class, untuk mengimplementasikan sifat-sifat yang umum. Dengan catatan bahwa interface-interface juga menunjukkan polimorfisme, dikarenakan program dapat memanggil method interface dan versi yang tepat dari method yang akan dieksekusi tergantung dari tipe object yang melewati pemanggil method interface.
Mereka menyediakan class-class, tanpa memperhatikan lokasinya dalam hirarki class, untuk mengimplementasikan sifat-sifat yang umum. Dengan catatan bahwa interface-interface juga menunjukkan polimorfisme, dikarenakan program dapat memanggil method interface dan versi yang tepat dari method yang akan dieksekusi tergantung dari tipe object yang melewati pemanggil method interface.
Abstract method-method
Di dalam class abstract dapat didefinisikan atribut-atribut dan method-method. Atribut dan method yang didefinisikan dalam klass abstract dimaksudkan merupakan sesuatu yang umum dan terdapat pada sub-kelas sub-kelas turunannya. Suatu abstract method didefinisikan dengan cukup mendeklarasikan namanya pada class abstract dan meng-override pada masing-masing kelas turunannya dengan menyesuaikan dengan kebutuhan kelas turunannya tersebut. Suatu class harus didefinisikan sebagai class abstract apabila minimal ada satu method yang didefinisikan sebagai abstract method.
Overriding
Jika dalam suatu subclass kita mendefinisikan sebuah method yang sama dengan yang dimiliki superclass, maka method yang kita buat dalam subclass dikatakan meng-override superclass-nya. Sehingga jika kita mencoba memanggil method tersebut dari instance subclass yang kita buat, maka method milik subclasslah yang aka dipanggil, bukan lagi method milik superclass.
Overriding mempunyai ciri-ciri sebagai berikut :
Di dalam class abstract dapat didefinisikan atribut-atribut dan method-method. Atribut dan method yang didefinisikan dalam klass abstract dimaksudkan merupakan sesuatu yang umum dan terdapat pada sub-kelas sub-kelas turunannya. Suatu abstract method didefinisikan dengan cukup mendeklarasikan namanya pada class abstract dan meng-override pada masing-masing kelas turunannya dengan menyesuaikan dengan kebutuhan kelas turunannya tersebut. Suatu class harus didefinisikan sebagai class abstract apabila minimal ada satu method yang didefinisikan sebagai abstract method.
Overriding
Jika dalam suatu subclass kita mendefinisikan sebuah method yang sama dengan yang dimiliki superclass, maka method yang kita buat dalam subclass dikatakan meng-override superclass-nya. Sehingga jika kita mencoba memanggil method tersebut dari instance subclass yang kita buat, maka method milik subclasslah yang aka dipanggil, bukan lagi method milik superclass.
Overriding mempunyai ciri-ciri sebagai berikut :
1. Nama method harus sama
2. Daftar parameter harus sama
3. Return type harus sama
Beberapa aturan yang perlu diperhatikan :
• Mode akses overriding method harus sama atau lebih luas daripada overriden method.
• Subclass hanya boleh meng-override method super class satu kali saja, tidak boleh ada lebih dari satu method pada kelas yang sama yang sama persis.
instansiasi
Objek adalah instansiasi atau perwujudan dari Class.Kita membuat objek dari kelas dengan cara instansiasi. Objek yang akan diciptakan nantilah yang akan menjadi acuan utama dalam pemrograman berorientasi objek (OOP)
Bentuk umum instansiasi:
<nama_kelas> <objek> = new <konstruktor>();
Contoh:
Tabung drum = new Tabung();
2. Daftar parameter harus sama
3. Return type harus sama
Beberapa aturan yang perlu diperhatikan :
• Mode akses overriding method harus sama atau lebih luas daripada overriden method.
• Subclass hanya boleh meng-override method super class satu kali saja, tidak boleh ada lebih dari satu method pada kelas yang sama yang sama persis.
instansiasi
Objek adalah instansiasi atau perwujudan dari Class.Kita membuat objek dari kelas dengan cara instansiasi. Objek yang akan diciptakan nantilah yang akan menjadi acuan utama dalam pemrograman berorientasi objek (OOP)
Bentuk umum instansiasi:
<nama_kelas> <objek> = new <konstruktor>();
Contoh:
Tabung drum = new Tabung();
Implementasi
Pada bagian kegiatan praktikum ini, kita akan belajar membuat interface dan mengimplementasikannya dalam sebuah class.Source codenya sebagai berikut:
Hasil Running:
Tugas Akhir
Segitiga, Lingkaran dan Segiempat adalah bentuk geometri yang dapat dihitung luasnya. Gambarkan diagram hirarki class untuk kasus ini. Kemudian tulis kode program untuk class dan buat program sederhana untuk keperluan pengujian: atur array dengan elemen berisi referensi ke setiap bentuk geometri di atas, masukkan data ke dalamnya dan gunakan untuk memanggil method guna menghitung luas dari setiap bentuk geometri tersebut. Source codenya sebagai berikut:
Hasil Running:
0 komentar:
Posting Komentar