Pemrograman berorientasi objek (Object Oriented Programming) merupakan teknik membuat suatu program berdasarkan objek. untuk lebih memudahkan pemahaman tentang objek, saya beri sebuah contoh: Meja,kursi, jam dinding, dan lainnya merupakan contoh objek.
objek yang disebutkan tadi umumnya berada didalam sebuah ruangan, ruangan apabila kita melihatnya dari sebuah rumah bisa juga dikategorikan sebuah objek dan rumah jika dilihat dari cara pandang yang lebih luas lagi juga merupakan objek. jadi sebuah objek merupakan suatu bentuk atau model yang tergantung dari cara pandang objek dimaksud.
meja, kursi, dan jam dinding ada dalam sebuah ruangan. Ruang A, Ruang B, dan ruang yang lain berada dalam sebuah rumah. Rumah 1, Rumah 2, dan rumah yang lain juga berada di dalam suatu tempat yang lebih luas yaitu Bumi, disitu dan bukan tidak mungkin di dalam objek jam dinding terdapat objek-objek yang lain yang lebih kecil misalnya, baterai, gear, dan lain-lain.
cara pandang kita dari sebua ruangan, rumah atau bumi merupakan class apabila kita melihatnya dalam pemrograman.
Nah..........., berikut ini terdapat soal-soal dan jawaban yang saya ikuti waktu praktikum PBO Tugas Pendahuluan
Buatlah program menggunakan kelas dan objek dengan nama motor.java, jika program dijalankan hasilnya seperti dibawah ini:
Object " motor-1 ":
Merk : Yamaha
Pemilik : Pak Darmawan
Object " motor-2 ":
Merk : Honda
Pemilik : Pak Nasiruddin
Source codenya pada java sebagai berikut:
public class motor{
public static void main(String[] args){
motor1 ayu = new motor1();
//Variabel
ayu.nama="motor-1";
ayu.merk="Yamaha";
ayu.pemilik="Pak Darmawan";
ayu.cetakMotor();
ayu.nama="motor-2";
ayu.merk="Honda";
ayu.pemilik="Pak Nasiruddin";
ayu.cetakMotor();
}
}
//Method
class motor1{
String merk, pemilik, nama;
void cetakMotor(){
System.out.println("Object "+nama+" : ");
System.out.println("Merk : "+merk);
System.out.println("Pemilik : "+pemilik);
System.out.println();
}
}
Hasil Running:
Selanjutnya yaitu Tugas implementasi
Buatlah kelas mahasiswa dengan atribut/variabel=nama dan npm dan mempunyai metodh:tampilkanNama, tampilkanNpm,belajar,olahraga,makan,minum. Buatlah 3 objek untuk menginstansiasi kel;as mahasiswa dengan atribut nama dan npm anda sendiri dan 2 teman Anda dan mengimplementasikan beberapa metodh yang telah Anda definisikan dalam kelas mahasiswa.
Setelah itu terdapat Tugas Akhir seperti dibawah ini:
Buat program dengan nama televOOP.java dengan spesifikasi sebagai berikut :
Class : Televisi
Object : Televisiku
Attribute
- Merek
- Tipe
- Ukuran
- Tombol volume
- Tombol Channel
Method
- Menyalakan TV
- Memindahkan Channel
- Membesarkan volume
- Mematikan Televisi
Hasil :
Merek Televisi : Samsung
Tipe Televisi : LCD TV
Ukuran Televisi : 52 inchi
Saat ini televisi sudah on.....
Channel berpindah
Volume bertambah besar.
Press any key to continue . . .
0 komentar:
Posting Komentar